Rabu, 09 November 2016

Press Release Kuliah Umum Reputasi dan Kepiawaian Pengelola Komunikasi Publik di Era Informasi

Kuliah Umum reputasi dan kepiawaian pengelola komunikasi publik di era informasi ini merupakan kuliah umum yang diadakan pada hari Rabu tanggal 9 November 2016, bertempat di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Kuliah umum ini bekerja sama bersama Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Jawa Barat dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

  Kuliah Umum ini dilaksanakan untuk memberikan informasi dan pembekalan kepada mahasiswa-mahasiswi komunikasi supaya lebih melek teknologi dan lebih peka terhadap informasi bagaimana membuat reputasi yang baik dan piawai dalam mengelola komunikasi publik di era informasi saat ini. 
   Kuliah umum ini di mulai dengan sambutan dari Ibu Dra. Lovita Andriana Rosa, M.Si selaku ketua panitia pelaksana acara seminar lalu di lanjutkan oleh Bapak Dedi Darmawan selaku Wakil dari Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Jawa Barat dan Wakil Dekan 1 Fakultas Komunikasi UIN Bandung yaitu Bapak Enjang M.Ag M.Si dan sekaligus membuka acara kuliah umum. Selanjutnya Bapak Subagyo Rudi Pajitno menjadi moderator dari pembicara yang mengisi kuliah umum ini. 
Pembicara pertama yaitu Bapak Dr. Antar Venus sebagai pakar komunikasi yang menyampaikan materi tentang audit komunikasi “Metode Canggih untuk Mengukur Kinerja Komunikasi Organisasi”. Beliau menyampaikan bahwa saat ini social media menjadi lowongan kerja baru untuk semua orang disebabkan semua orang bisa tampil di social media. Indonesia merupakan negara dengan tingkat ke 2 pada tahun ini yang sering mengakses media social. Jakarta menjadi peringkat pertama pada tahun 2002 yang menjadi pengguna twitter dengan persentase 24%. Lalu pembicara kedua yaitu Bapak Dr. Imron Rosadi, M.Si yang menyampaikan materi tentang bagaimana seorang Public Relations Officer mengelola komunikasi dan membuat reputasi yang baik seperti yang dikatakan oleh Frank Jefkins, yaitu proses kegiatan PR untuk mentransfer hal-hal yang negatif menjadi positif. Dan pembicara yang terakhir oleh Bapak Dr. Darajat Wibawa, M.Si. Beliau menyampaikan materi tentang bagaimana mengelola media yang semakin berkembang pada saat ini. Banyak media baru yang mengalahkan media lama tetapi media baru itu sebgai pelengkap dan ada kelebihan kekuranngannya. Pengelola informasi itu sangat penting karena apabila tidak ada pengelola maka informasi tidak akan tersamikan dengan baik. Tetapi pengelola informasi harus tau teknik-teknik dalam mempublikasikan dan mendapatkan informasi yang baik.
   Kuliah umum ini berjalan dengan baik dan lancar. Setelah pemateri menyampaikan materinya banyak mahasiswa dan mahasiswi yang aktif bertanya. Setelah sesi tanya jawab, kuliah umum ditutup dengan pemberian plakat dan sesi foto bersama.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar