Kamis, 10 November 2016

Press Release Kuliah Umum “Mengelola Bad News Menjadi Good News di Media Sosial”

        Kuliah umum tentang mengelola bad news menjadi good news ini di selenggarakan pada hari Kamis, tanggal 10 November 2016 yang bertempat di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi di lantai 4. Acara kuliah umum ini merupakan acara kerja sama Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Jawa Barat dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunang Gunung Djati Bandung.Acara kuliah umum ini diselenggarakan untuk membuat mahasiswa-mahasiswi lebih melek media dan lebih baik dalam menggunakan media sosial. Kuliah umum ini mengahadirkan tiga pemateri yang sudah berkompeten dalam dunia komunikasi.
           Kuliah umum ini dibuka oleh mc dan dimulai oleh moderator yang membacakan riwayat dari pemateri oleh Ibu Betty Tresnawati, M. Ikom. Lalu dilanjutkan oleh pemateri pertama yaitu Bapak Dr. Yosal Iriantara, M. Pd. Yang membawakan materi tentang Melek Media. Beliau menyampaikan bahwa melek media itu kemampuan mengakses, menganalisis, mengevaluasi dan membuat pesan media. Lalu kenapa kita harus melek media dikarenakan teknologi-teknologi komunikasi massa membentuk cara kita berkembang secara kognitif, kultural dan sosial. (Marshall McLuhan). Media sosial yang sehat itu yang tidak mengabaikan nilai-nilai sosial yang telah ada.Setelah pemateri pertama selesai, lalu dilanjutkan oleh pemateri kedua yaitu Bapak Dr. Muhamad Fakhroji, M. Si yang menyampaikan materi tentang Media Sosial,  beliau mengatakan bahwa pengguna media sosial khususnya di Indonesia semakin banyak dan makin meningkat. Handphone yang dimiliki oleh orang-orang mungkin lebih banyak jumlahnya daripada penduduk di Indonesia. Dan pemateri terakhir yaitu Bapak Enjang AS, M.Ag M.Si yang menyampaikan materi tentang Membangun Komunikasi Sosial yang Empatik (Memelihara Interaksi Humanis dan Produktif). Beliau menyampaikan bahwa komunikasi bukan hanya merupakan proses pertukaran pesan, tapi juga menjadi media bertukar pikiran dan berbagi rasa.

            Setelah para pemateri selesai menyampaikan materinya lalu moderator membuka sesi tanya jawab dan mahasiswa-mahasiswi bertanya dengan aktif. Salah satu penanya yaitu Dini dari Humas semester 3. Setelah sesi tanya jawab acara dilanjutkan dengan penyerahan plakat dari Fakutas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung kepada pemateri dan sesi foto bersama. Acara berlangsung dengan lancar dan mahasiswa-mahasiswi mendapatkan ilmu yang bermanfaat melalui kuliah umum ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar